Insitusi apapun yang ada di berbagai kelembagaan tetap mengacu pada prinsip akuntabilitas dan pengauasaan keuangan yang mandiri dan berdedikasi yang mencerdaskan. dalam prinsip ini yang diutamakan adalah edukasi moral bahwa kita harus tegak, teguh dan tegas dalam mengatur keuangan yang memiliki format utuh dan jelas.

kita semua harus penuh suka cita menjelaskan keberadaan keuangan dengan jelas dan berkarakter melalui data-data yang akurat dan selalu mengedepanksn kebenaran data sebagai awal langkah yang benar dan baik.  seyogyagnya itu mengacu pada enam hal yaitu: perencanaan keuangan yang mandiri, persiapan yang menunjang  pelaksanaan database yang akurat, pengolahan data keuangan yang mandiri,  kecermatam perhitungan keuangan, laporan keuangan  yang murni dan benar,  dan evaluasi pelaksanaan progaram disetiap satuan pendidikan dengan jelas dan merata.

keenam hal inilah menjadi entry poin atau pintu masuk untuk melihat seberapa jelas dan benar kita bekerja sesuai aturan dan format akuntasi yang memadai terukur dan terpola menjadi satu kaesatuan yang sinergis untuk memberikan gambaran nyata pada bidang tugas disetiap satuan pendidikan.

akuntabilitas ini juga mengacu pada sikap kejujuran dan tanggungjawab pada para orang tua dan kebenaran publik. keutuhan data yang kita olah harus benar dan tiak boleh menyimpang dari prinsip kebenaran dan kesetaraan serta keseimbangan keuangan.

dalam membentuk sikap ini kita semua yang berada dalam satuan komite harus bekerja sekeras-kerasnya untuk melahirkan sikap yang unggul mengabdi pada sekolah dan orang tua.